Print this Page

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA KELAS IX-2 SMP………. TAHUN PELAJARAN 2010-2011

ABSTRAK

 

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA KELAS IX-2

SMP …….. TAHUN PELAJARAN 2010-2011

 

 

Oleh :

 

 

Mengingat begitu pentingnya matematika di sekolah, diperlukan suatu strategi yang tepat dalam pembelajaran agar tujuan yang diharapkan dapat dicapai sesuai dengan yang diinginkan. Seyogyanya matematika merupakan salah satu pelajaran yang digemari oleh siswa terkait dengan kegunaannya.

Umumnya siswa mengatakan matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan, tidak menarik, dan bahkan penuh misteri. Ini disebabkan karena mata pelajaran matematika dirasakan sukar, gersang, dan tidak tampak kaitannya dengan kehidupan sehari – hari.

Kenyataannya menunjukkan bahwa pendidikan matematika secara umum belum menunjukkan hasil yang menggembirakan dan tidak seperti yang diharapkan. Nilai Ujian Nasional matematika selalu mendapat sorotan yang tajam baik dari kalangan praktisi pendidikan itu sendiri maupun dari kalangan masyarakat luas. Sebagai guru matematika sudah sewajarnya prihatin akan kondisi ini dan berupaya maksimal mungkin mengatasi persoalan tersebut dengan menggunakan pendekatan yang tepat..

Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivis berbantuan lembar kerja siswa.

Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 61,67% pada Siklus l, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 68,18 % dan siklus 3 mencapai 79,85 %, dan  secara klasikal telah mencapai ketuntasan.

Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan metode field trip dapat meningkatkan hasil  belajar siswa kelas IX-2 dengan ketuntasan mencapai 100 %, dengan demikian penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivis berbantuan lembar kerja siswa efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran matematika  di SMP………….

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Konstruktivis Berbantuan Lembar Kerja siswa,  Pelajaran Matematika SMP.

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.       Latar Belakang Masalah

Perkembangan IPTEK yang sangat pesat, menuntut seseorang untuk mampu memanfaatkan informasi dengan baik dan cepat. Untuk itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan bernalar tinggi serta memiliki kemampuan untuk memproses informasi sehingga bisa digunakan untuk mengembangkan IPTEK. Dalam dunia pendidikan, pendidikan formal merupakan tempat yang sangat strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu, pendidikan formal diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan sumber daya manusia melalui mata pelajaran yang diajarkan.

Matematika  merupakan bidang studi yang dipelajari oleh semua siswa pada semua jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMA bahkan perguruan tinggi. Menurut Cornelus (dalam Abdurrahman, 1999 : 24) mengatakan bahwa ada banyak alasan tentang perlunya siswa belajar matematika, yaitu (1) merupakan sarana berpikir yang jelas dan logis, (2) sarana memecahkan masalah kehidupan sehari – hari, (3) sarana mengenal pola – pola hubungan generalisasi pengalaman, (4) sarana mengembangkan kreativitas, dan (5) sarana untuk meningkatkan kesadaran terhadap perkembangan budaya.

Mengingat begitu pentingnya matematika di sekolah seperti yang disebutkan di atas, diperlukan suatu strategi yang tepat dalam pembelajaran agar tujuan yang diharapkan dapat dicapai sesuai dengan yang diinginkan. Seyogyanya matematika merupakan salah satu pelajaran yang digemari oleh siswa terkait dengan kegunaannya. Kenyataannya keluhan dan kekecewaan terhadap hasil yang dicapai siswa dalam matematika hingga kini masih sering diungkapkan. Umumnya siswa mengatakan matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan, tidak menarik, dan bahkan penuh misteri. Ini disebabkan karena mata pelajaran matematika dirasakan sukar, gersang, dan tidak tampak kaitannya dengan kehidupan sehari – hari (Mohamad Soleh, 1998 : 1).

Kenyataannya menunjukkan bahwa pendidikan matematika secara umum belum menunjukkan hasil yang menggembirakan dan tidak seperti yang diharapkan. Nilai Ujian Nasional matematika selalu mendapat sorotan yang tajam baik dari kalangan praktisi pendidikan itu sendiri maupun dari kalangan masyarakat luas. Sebagai guru matematika sudah sewajarnya prihatin akan kondisi ini dan berupaya maksimal mungkin mengatasi persoalan tersebut.

Berbagai upaya telah dilakukan  untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya pendidikan matematika. Namun sampai saat ini prestasi belajar matematika masih rendah. Rendahnya prestasi belajar matematika juga terjadi di sebagian besar siswa SMP……….. Kabupaten……… Ini dapat dilihat dari nilai rata – rata Ulangan Harian  pertama semester I tahun pelajaran 2009/2010 yaitu sebesar 45,3 dan ketuntasan belajar sebesar 42,4% (Dokumen Hasil Ulangan Semester ). Hal ini perlu mendapat kajian yang mendalam bagi peneliti pendidikan untuk mengetahui faktor – faktor penyebabnya dan dicari solusinya.

Peneliti yang sekaligus guru matematika di sekolah tersebut melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika di sekolah  tersebut di antaranya adalah : memperbanyak tugas, mengadakan tes tanpa pemberitahuan telebih dahulu, menggunakan LKS dalam pembelajaran dan lain – lain. Namun dari usaha – usaha yang telah dilakukan ternyata belum mampu memberi hasil yang optimal.

Khususnya untuk penggunaan LKS hasil pantauan peneliti ternyata  penggunaannya belum optimal yaitu guru hanya menyuruh siswa mengerjakan LKS setelah suatu materi selesai dibahas yang kemudian dikumpulkan, tanpa adanya pembahasan sehingga siswa tidak mengetahui kesalahan maupun kebenaran dari apa yang siswa buat. Di sini guru hanya memberikan penilaian terhadap jawaban LKS yang siswa kumpulkan.

Penggunaan LKS dengan pendekatan kostruktivis memiliki beberapa keuntungan yang dapat menggiring siswa untuk dapat berpikir kreatif, menenmukan sendiri konsep yang terkandung dalam materi LKS tersebut dan penggunaan LKS juga dapat mengaktifkan siswa. Hal ini sesuai dengan pendapat Tim Instruktur PKG Matematika (1983 : 17) yang secara tegas menyatakan bahwa  “salah satu cara membuat siswa menjadi aktif adalah dengan menggunakan LKS”. Dengan mempelajari, mendiskusikan, menemukan dan menghayati sendiri – sendiri konsep – konsep penting yang terkandung dalam materi yang dibahas diharapkan penggunaan LKS dengan pendekatan konstruktivis ini dapat lebih bermanfaat tidak hanya sebagai latihan saja tetapi juga dapat meningkatkan pemahaman siswa dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa yang akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa itu sendiri.

Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti sebagai gru matematika di SMP……perlu melakukan suatu penelitian tindakan sebagai upaya perbaikan dengan mengoptimalkan penggunaan LKS dengan pendekatan konstruktivis dalam pembelajaran matematika dengan judul  “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivis Berbantuan Lembar Kerja Siswa kelas IX-2 SMP……. tahun pelajaran 2010-2011.

 

  1. B.        Identifikasi Masalah

Dari uraian tersebut di atas, maka masalah dalam penelitian ini dpat diidentifikasi sebagai berikut :

  1.             1.    Hasil belajar matematika masih rendah disebabkan karena motivasi belajar siswa masih rendah, dan masih menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit.
  2.             2.    Guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional, tidak ada variasi dalam pembelajaran sehingga hasiol belajar siswa rendah.
  3.             3.    Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran masih kurang tepat sehingga siswa dalam belajar merasa jenuh dan membosankan, miskipun guru menggunakan LKS, namun tidak dilakukan secara maksimal.
  4. C.       Rumusan Masalah

     Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini permasalahannya di batasi pada kemapuan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengoptimalkan penggunaan LKS dengan pendekatan konstruktif.

Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1.             1.    Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Pendekatan Konstruktivis Berbantuan Lembar Kerja Siswa kelas IX-2 SMP…… tahun pelajaran 2010-2011 ?
  2.             2.    Bagaimana efektivitas Pendekatan Konstruktivis Berbantuan Lembar Kerja Siswa dalam meningkatkan Hasil Belajar Matematika kelas IX-2 SMP…… tahun pelajaran 2010-2011 ?

 

  1. D.       Tujuan Penelitian

Adapun tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui :

  1.             1.    Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Pendekatan Konstruktivis Berbantuan Lembar Kerja Siswa kelas IX-2 SMP………. tahun pelajaran 2010-2011.
  2.             2.    Efektivitas Pendekatan Konstruktivis Berbantuan Lembar Kerja Siswa dalam meningkatkan Hasil Belajar Matematika kelas IX-2 SMP ……. tahun pelajaran 2010-2011.

 

  1. E.        Manfaat Penelitian
    1. Bagi Siswa dapat mengalami langsung belajar dengan suasana yang lebih kondusif dan menggairahkan yang dapat memacu semangatnya untuk aktif dan kreatif menuju pencapaian hasil belajar matematika yang lebih baik.
    2. Bagi Guru yang terlibat dalam penelitian ini akan memperoleh pengalamam baru terutama yang berkaitan dengan upaya peningkatan kamampuannya dalam merencanakan dan mengimplemtasikan pembelajaran matematika melalui pendekatan konstruktivis.
    3. Bagi Sekolah dengan hasil  penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk peningkatan kemampuan guru dan prestasi belajar siswa di sekolah binaannya, karena kualitas siswa, guru dan pembelajaran semakin meningkat.

 

Butuh PTK ini dengan lengkap????? Kontak Via SMS : 081237369222 – 087863667222

Permanent link to this article: http://ihinsolihin.com/ptk-dan-pts/laporan-ptk-matematika-smp/peningkatan-hasil-belajar-matematika-dengan-pendekatan-konstruktivis-berbantuan-lembar-kerja-siswa-kelas-ix-2-smp-tahun-pelajaran-2010-2011/

Adsense Indonesia zwani.com myspace graphic comments Haiiii...Komentarnya Dong...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tautan komentar adalah nofollow free.