↑ Return to PTK DAN PTS

Print this Page

PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP MELALUI LOKA KARYA BERKELANJUTAN DI SMP……………. TAHUN PELAJARAN 2010-2011

ABSTRAK

 

PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN SILABUS

DAN RPP MELALUI LOKA KARYA BERKELANJUTAN

DI SMP ……….TAHUN PELAJARAN 2010-2011

 

Oleh :

 

Proses pembelajaran pada suatu satuan pendidikan harus memenuhi standar tertentu sehingga harus direncanakan. Perangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan, dan strategi pembelajaran inilah yang biasa disebut kurikulum.

Pendidikan harus mampu membentuk manusia seutuhnya yang digambarkan sebagai manusia yang memiliki karakteristik personal yang memahami dinamika psikososial dan lingkungan kulturalnya. Proses pendidikan harus mencakup:(a) penumbuhkembangan keimanan, ketakwaan,; (b) pengembangan wawasan kebangsaan, kenegaraan, demokrasi, dan kepribadian; (c) penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi;(d) pengembangan, penghayatan, apresiasi, dan ekspresi seni; serta (e) pembentukan manusia yang sehat jasmani dan rohani. Proses pembentukan manusia di atas pada hakekatnya merupakan proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat

Proses pendidikan yang dilaksanakan di atas.tidak mungkin akan dapat tercapai kalau kinerja guru masih rendah terutama dalam membuat perencanan sekolah

Tujuan dari penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah dalam loka karya berkelanjutan  membantu guru  meningkatkan kinerja guru dalam menyusun silabus dan RPP  di SMP ………..

Dalam penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun silabus dan RPP.Dari hasil rata-rata 36,39 % pada siklus I, dapat meningkat menjadi 68,75 %  pada siklus II, dan siklus ke III  77,50 %.dan telah mencapai standar ideal, yaitu minimal 85%, dan rata rata mencapai 100 % ketuntasan.

 Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui loka karya berkelanjutan  efektif dan dapat meningkatan Kinerja guru dalam menyusun silabus dan RPP di SMP………………….

 

        Kata Kunci  :

Loka Karya berkelanjutan, Peningkatan  kinerja guru, silabus dan RPP.

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.    Latar Belakang Masalah

Proses pembelajaran pada suatu satuan pendidikan harus memenuhi standar tertentu sehingga harus direncanakan. Perangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, bahan, dan strategi pembelajaran inilah yang biasa disebut kurikulum.

Dalam penyelenggaraan pendidikan dinyatakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat, di mana dalam proses tersebut harus ada pendidik yang memberikan keteladanan dan mampu membangun kemauan, serta mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik. Prinsip tersebut menyebabkan adanya pergeseran paradigma proses pendidikan, dari paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran. Paradigma pengajaran yang lebih menitikberatkan peran pendidik dalam mentransformasikan pengetahuan kepada peserta didiknya bergeser pada paradigma pembelajaran yang memberikan peran lebih banyak kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dan kreativitas dirinya dalam rangka membentuk manusia yang memiliki kekuatan spiritual keagamaan, berakhlak mulia, berkepribadian, memiliki kecerdasan, memiliki estetika, sehat jasmani dan rohani, serta keterampilan yang dibutuhkan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Adanya perubahan pandangan tentang peran manusia dari paradigma manusia sebagai sumberdaya pembangunan, menjadi paradigma manusia sebagai subjek pembangunan secara utuh. Pendidikan harus mampu membentuk manusia seutuhnya yang digambarkan sebagai manusia yang memiliki karakteristik personal yang memahami dinamika psikososial dan lingkungan kulturalnya. Proses pendidikan harus mencakup: (a) penumbuhkembangan keimanan, ketakwaan,; (b) pengembangan wawasan kebangsaan, kenegaraan, demokrasi, dan kepribadian; (c) penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi; (d) pengembangan, penghayatan, apresiasi, dan ekspresi seni; serta (e) pembentukan manusia yang sehat jasmani dan rohani. Proses pembentukan manusia di atas pada hakekatnya merupakan proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.

Proses pendidikan yang dilaksanakan di atas.tidak mungkin akan dapat tercapai kalau kinerja guru masih rendah terutama dalam membuat perencanan sekolah.Seberapapun kemampuan kepala sekolah dalam membuat perencanaan seklah tapi kalu tidak ditunjang oleh kemampuan kguru dalam membuat perencanaan pembelajaran,mustahil mutu pendidikan dapat ditingkatkan.

Salah satu upaya peningkatan kemampuan guru adalah dalam membuat perencanaan pembelajaran yang telah digariskan dalam kurikulum.

Perencanaan pembelajaran merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh seorang guru, karena merupakan kegiatan menetapkan hal-hal yang harus dilakukan agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Perencanaan pembelajaran yang mendidik perlu mengikuti prosedur yang tepat agar rencana tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku dan sesuai dengan teori belajar dan pembelajaran. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), dalam pedoman penyusunan KTSP mengemukakan langkah-langkah yang ditempuh dalam pengembangan silabus mata pelajaran adalah (1) mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar, (2) mengidentifikasi materi pokok pembelajaran, (3) mengembangkan kegiatan pembelajaran, (4) merumuskan indikator pencapaian kompetensi, (5) menetapkan jenis penilaian berdasarkan indikator pencapaian kompetensi, (6) menentukan alokasi waktu tiap kegiatan pembelajaran, dan (7) menentukan sumber belajar.

Untuk mendapatkan perencanaan pembelajaran yang baik maka kepada semua guru dan stakeholder  perlu diberikan pembinaan dan bimbingan dari kepala sekolah yang dilaksanakan melalui pelatihan maupun lokakarya yang diselenggrakan oleh sekolah agar tujuan pendidikan dapat dicapai.

Sehubungan dengan hal di atas maka penulis perlu melakukan penelitian tindakan dalam upaya meningkatkan kinerja guru yang dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan dengan judul : “ Peningkatan kinerja guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui loka karya berkelanjutan di SMP…………. tahun Pelajaran 2010-2011.

 

  1. B.     Identifikasi Masalah

Dari latar belakang masdalah di atas maka dalam penelitian ini dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana meningkatkan kinerja guru dalam membuat perencanaan pembelajaran ?
  2. Bagaimana kemampuan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru membuat perencanaan pembelajaran ?
  3. Apakah kinerja guru dapat ditingkatkan melalui lokarkarya berkelanjutan ?
  4. Bagimana Respon guru terhadap lokarya berkelanjutan ?
  5. Bagaimana kemampuan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran melalui lokakarya berkelanjutan ?
  6. Bagaiamana efektivitas loka karya berkelanjutan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dalam prencanaan pembelajaran ?
  1. C.    Rumusan Masalah

Dari identifikasi masalah di atas,maka peneliti membatasi pada masalah yang dirumuskan sebagai berikut :

  1. Bagaimana peningkatan kinerja guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui loka karya berkelanjutan di SMP………………. tahun Pelajaran 2010-2011  ?
  2. Bagaimana efektivitas pelaksanaan lokakarya berkelanjutan dalam menyusun silabus dan RPP di SMP………. tahun pelajaran 2010-2011 ?
  1. D.    Tujuan Penelitian

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :

  1. Peningkatan kinerja guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui loka karya berkelanjutan di SMP………… tahun Pelajaran 2010-2011.
  2. Efektivitas pelaksanaan lokakarya berkelanjutan dalam menyusun silabus dan RPP di SMP……………. tahun pelajaran 2010-2011.

 

  1. E.     Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai bahan refleksi terhadap program pembinaan kepala sekolah melalui loka karya berkelanjutan sehingga dapat diadakan revisi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.
  2. Jika pelaksanaan bimbingan kepala sekolah melalui loka karya berkelanjutan ini berpengaruh terhadap peningkatan capaian mutu sekolah, maka dapat dipertimbangkan sebagai bahan uji pelatihan bagi kepala sekolah di masa mendatang.
  3. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pembinaan di sekolah pada umumnya, dan khususnya di SMP
  4. Hasil penelitian ini memberikan kesempatan kepada guru dan karyawan tata usaha di sekolah, untuk dapat aktif dalam kegiatan sekolah, terutama dalam meningkatkan mutu pendidikan.
  5. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi pada hasanah pengetahuan yang berkaitan dengan teori kepemimpinan/leadership terutama manajemen pendidikan.
  6. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk referensi bagi penelitian berikutnya.

 

 Butuh PTS ini dengan Lengkap???? Via SMS ke : 081237369222 – 087863667222

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Permanent link to this article: http://ihinsolihin.com/ptk-dan-pts/peningkatan-kinerja-guru-dalam-menyusun-silabus-dan-rpp-melalui-loka-karya-berkelanjutan-di-smp-tahun-pelajaran-2010-2011/

Adsense Indonesia zwani.com myspace graphic comments Haiiii...Komentarnya Dong...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tautan komentar adalah nofollow free.