↑ Return to PTK DAN PTS

Print this Page

PENINGKATAN KINERJA GURU MENYUSUN RANCANGAN PENILAIAN KELAS MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMP…………… TAHUN PELAJARAN 2009-2010

ABSTRAK

PENINGKATAN KINERJA GURU MENYUSUN RANCANGAN PENILAIAN KELAS MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI…………..
TAHUN PELAJARAN 2009-2010

Oleh :……………………

Implementasi Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional membawa implikasi terhadap model dan teknik penilaian yang dilaksanakan di kelas.

Untuk menghasilkan tamatan yang mempunyai kemampuan utuh seperti diharapkan pada kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ) , peserta didik diharapkan menguasai kompetensi yang ditetapkan. Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan pengembangan pembelajaran/pelatihan kompetensi secara sistematis dan terpadu, agar peserta didik dapat menguasai setiap kompetensi secara tuntas

Tujuan dari penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah meningkatkan kinerja guru dalam menyusun rancangan penilaian hasil belajar.

Dalam penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal.Dari 61,57 % pada siklus I, dapat meningkat menjadi 72,14 % pada siklus II, dan siklus ke III 80,94 %.

Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun rancangan hasil belajar di SMP ……..

Kata Kunci :

Peningkatan Kinerja Guru, Rancangan penilaian hasil belajar , Supervisi Kepala Sekolah.

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.    Latar Belakang Masalah

Implementasi Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional  membawa implikasi terhadap model dan teknik penilaian yang dilaksanakan di kelas.

Untuk menghasilkan tamatan yang mempunyai kemampuan utuh seperti diharapkan pada kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ) , peserta didik diharapkan menguasai kompetensi yang ditetapkan. Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan pengembangan pembelajaran/pelatihan kompetensi secara sistematis dan terpadu, agar peserta didik dapat menguasai setiap kompetensi secara tuntas. Caroll (1963) berpendapat pembelajaran seorang peserta didik adalah fungsi perbandingan waktu yang sebenarnya digunakan untuk belajar dengan waktu sebenarnya yang diperlukan untuk mempelajari sesuatu tema pembelajaran. Ia menyatakan bahwa kesuksesan pembelajaran tuntas tergantung kepada kriteria tertentu inidividu peserta didik dan pengajaran guru. Kriteria itu mencakup ketekunan, waktu untuk belajar, kadar pembelajaran, mutu kegiatan pembelajaran, dan kemampuan memahami petunjuk kegiatan.

Penilaian terdiri atas penilaian eksternal dan penilaian internal. Penilaian eksternal merupakan penilaian yang dilakukan oleh pihak lain yang tidak melaksanakan proses pembelajaran. Penilaian eksternal dilakukan oleh suatu lembaga, baik dalam maupun luar negeri dimaksudkan antara lain untuk pengendali mutu. Sedangkan penilaian internal adalah penilaian yang direncanakan dan dilakukan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Penilaian kelas merupakan bagian dari penilaian internal (internal assessment) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap penguasaan kompetensi yang diajarkan oleh guru. Tujuannya adalah untuk menilai tingkat pencapaian kompetensi peserta didik yang dilaksanakan  pada saat pembelajaran berlangsung dan akhir pembelajaran.

Penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan oleh guru untuk memantau proses, kemajuan, perkembangan hasil belajar peserta didik sesuai dengan potensi yang dimiliki dan kemampuan yang diharapkan secara berkesinambungan. Penilaian juga dapat memberikan umpan balik kepada guru agar dapat menyempurnakan perencanaan dan proses pembelajaran.

Penyusunan perencanaan, pelaksanaan proses, dan penilaian merupakan rangkaian program pendidikan yang utuh, dan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Untuk itu, perlu ada model penilaian yang dapat dijadikan sebagai salah satu acuan atau referensi oleh guru dan penyelenggaranya di jenjang sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah ( SMP/MTs ).

Kondisi yang diharapkan seperti di atas tidak semua guru dapat melaksanakannya dengan baik,bahkan ada guru yang jarang bahkan tidak melakukan penilaian kecuali pada saat ulangan akhir semester saja atau tengah semester,kondisi seperti ini tentunya memprihatinkan bagi kita terutama mutu pendidikan tidak dapat diukur dengan baik karena tidak melakukan penilaian sesuai dengan keriteria yang ada.

Di SMP Negeri………. perlu diberikan pembinaan secara khusus dengan menyiapkan waktu yang cukup agar para guru benar benar memahami masalah penilaian hasil belajar dan dapat mengembangkannya dengan berbagai model penilaian yang ada.

Sehubungan dengan hal di atas penulis perlu melakukan suatu penelitian dalam meningkatkan kinerja guru dengan judul : “  Peningkatan kinerja guru menyusun rancangan penilaian kelas melalui supervisi kepala sekolah di SMP Negeri ………. tahun pelajaran 2009-2010.

 

  1. B.     Identifikasi Masalah

Dari latar belakang masalah di atas maka masalah dalan penelitian ini dapat diidentifikasi sebagai berikut :

  1. Bagimana mengembangkan alat penilaian hasil belajar siswa ?
  2. Bagaimana kemampuan guru dalam melakukan penilaian hasil belajar ?
  3. Bagaimana kemampuan kepala sekolah meningkatkan kinerja guru ?
  4. Bagaimana respon guru terhadap pembinaan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru ?
  5. Bagaimana pembinaan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru melalui supervisi kepala sekolah ?
  6. Bagaimana efektivitas pembinaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru ?
  7.  Bagimana model pengembangan penilaian hasil  belajar siswa ?
  8. C.    Rumusan Masalah

Dari identifikasi masalah di atas,maka masalah dalam penelitian ini dibatasi pada masalah dengan rumusan sebagai berikut :

  1. Bagaimana peningkatan kinerja guru menyusun rancangan penilaian kelas melalui supervisi kepala sekolah di SMP Negeri………. tahun pelajaran 2009-2010  ?
  2. Bagaimana efektivitas supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru menyusun rancangan penilaian kelas di SMP Negeri ……… tahun pelajaran 2009-2010 ?

 

  1. D.    Tujuan Penelitian

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui :

  1. Peningkatan kinerja guru menyusun rancangan penilaian kelas melalui supervisi kepala sekolah di SMP Negeri……… tahun pelajaran 2009-2010
  2. Efektivitas supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru menyusun rancangan penilaian kelas di SMP Negeri………. tahun pelajaran 2009-2010.

 

  1. E.     Manfaat Penelitian

Manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian tindakan sekolah ini adalah :

  1. Sebagai bahan refleksi  dalam upaya peningkatan capaian mutu sekolah  melalui pembinaan supervisi kepala sekolah.
  2.  Jika pembinaan kepala sekolah melalui supervisi ini terbukti dapat meningkatkan capaian mutu sekolah, maka dapat dipertimbangkan sebagai bahan uji pelatihan bagi guru dan kepala sekolah di masa mendatang.
  3. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan supervisi di sekolah pada umumnya, dan khususnya di SMP.
  4. Hasil penelitian ini memberikan kesempatan kepada guru , dan karyawan tata usaha di sekolah, untuk dapat aktif dalam kegiatan sekolah, terutama dalam meningkatkan capaian mutu pendidikan

 

Butuh PTS ini secara lengkap ???? Kontak Via SMS : 081237369222 – 087863667222

 

 

Permanent link to this article: http://ihinsolihin.com/ptk-dan-pts/peningkatan-kinerja-guru-menyusun-rancangan-penilaian-kelas-melalui-supervisi-kepala-sekolah-di-smp-tahun-pelajaran-2009-2010/

Adsense Indonesia zwani.com myspace graphic comments Haiiii...Komentarnya Dong...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tautan komentar adalah nofollow free.