↑ Return to TIPS&TRIK

Print this Page

CARA MENONAKTIFKAN DEEP FREEZE

Deep Freeze adalah salah satu program yang berfungsi untuk membekukan sistem windows pada komputer anda. Maksudnya jika anda menggunakan program Deep Freeze pada komputer anda dan apabila ada teman atau saudara anda melakukan perubahan setingan pada komputer tersebut maka ketika komputer tersebut di restart atau dimatikan, program Deep Freeze akan mengembalikan setingan komputer anda ke dalam bentuk semula sesuai dengan setingan yang telah anda lakukan sebelumnya. Program Deep Freeze biasanya digunakan di warnet-warnet untuk mengamankan sistem windows agar sistem windowsnya selalu normal.

Jika anda telah menginstal program Deep Freeze pada komputer maka selama program Deep Freeze aktif pada komputer, anda tidak akan bisa menginstal program lain atau memasukkan data ke dalam komputer tersebut karena ketika komputer tersebut di restart atau dihidupkan kembali maka program atau data yang terakhir dimasukkan akan dihilangkan secara otomatis. oleh sebab itu maka sebelum anda menginstal atau memasukkan data kedalam komputer maka anda harus lebih dahulu menonaktifkan program Deep Freeze pada komputer anda. cara untuk menonaktifkan program Deep Freeze pada komputer anda adalah sebagai berikut:

1. Melalui Administrator Tools (dengan password)

      Jika ingin anda menginstall sendiri program ini pastinya sewaktu proses instalasi selesai dan komputer restart, anda akan diminta untuk memasukkan password bukan? Nah, jika tidak ingin kerepotan di kemudian hari, jangan pernah sesekali melupakan password ini.

      Kemudian, apabila ingin mengubah atau menambah settingan komputer langsung saja tekan SHIFT didampingi klik 2 kali pada icon DeepFreeze di SysTray atau tekan SHIFT+CTRL+ALT+F6 yang dilanjutkan memasukkan password.

Selanjutnya yang akan tampil adalah:



(Untuk penjelasan ketiga opsi diatas silahkan Anda baca langsung saja ya di menu Help)

      Nah, sekarang coba pilih Boot Thawed -> OK kemudian restart. Setelah komputer menyala kembali silahkan cek icon DeepFreeze di SysTray. Jika icon itu terdapat tanda silang merah, berarti DeepFreeze telah mencair dan anda sekarang bisa mengubah setting-an komputer lagi deh…

      Setelah selesai dan puas mengutak-atik, Anda bisa mengembalikan fungsi DeepFreeze ini dengan mengulangi langkah di atas. Namun kali ini pilih bagian Boot Frozen -> OK lalu restart. Komputer pun kembali terproteksi.

     Lalu, bagaimana jika sudah bosan dengan DeepFreeze, apakah bisa di-uninstall? Bisa, bisa sekali.

     Yang harus pertama anda lakukan adalah mencairkan DeepFreeze ini terlebih dahulu lalu setelah terdapat tanda silang merah itu, jalankan kembali program DeepFreeze.exe yang Anda pergunakan untuk menginstall DeepFreeze sebelumnya. Jika beres, maka akan ada pilihan untuk meng-uninstall DeepFreeze ini. Wau teruninstall deh akhirnya hilang juga hehehehehe…

2. Cara Manual (tanpa password)

     Namun, adakalanya Anda malas mengingat atau memang tidak sengaja lupa password DeepFreeze yang telah diset sebelumnya. Jangan khawatir, kita masih bisa menggunakan cara manual.

     Gunakan tips menghilangkannya dari Windows 9x dengan menggunakan booting lewat floopy disk menggunakan MS-DOS/Start Up ataupun booting lewat CD Bootable.
Di bawah ini tutorial manual yang disesuaikan dengan versi DeepFreeze dan spesifikasi OS tertentu, sehingga anda tak perlu khawatir menemukan tutorial yang cocok untuk komputer Anda.

Antara lain ada:
Tutorial 1 untuk Deep Freeze 4.20.020.0598, 4.20.120.0598, 4.20.121.0613, 5.20.220.1125 dan 5.30.120.1181 (Windows 2K/XP)
Tutorial 2 untuk Deep Freeze 5.20.250.1125 dan 5.30.150.1181 (Windows 9X)
Tutorial 3 untuk Deep Freeze 3.32.000.0534 (Windows 9X)
Tutorial 4 untuk Deep Freeze 5.50.021.1288 (Windows 2K/XP)
Tutorial 5 untuk Deep Freeze 5.50.051.1288 (Windows 9X)
Tutorial 6 untuk meng-uninstall Deep Freeze secara manual (Windows 2K/XP)

Selamat mencoba……….

 

Permanent link to this article: http://ihinsolihin.com/tips-trik/cara-menonaktifkan-deep-freeze/

Adsense Indonesia zwani.com myspace graphic comments Haiiii...Komentarnya Dong...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tautan komentar adalah nofollow free.